Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Dasar Sistem Kontrol

Pengenalan Dasar Sistem Kontrol

Sistem kontrol otomatis memiliki peran yang sangat penting dalam dunia industri modern. Karena dalam dunia industri memerlukan sekali dalam operasi pengaturan dari mesin-mesin di industri manufaktur dalam beberapa variabel misalnya pengontrolan suhu, tekanan, viskositas(fluida), dan arus dalam industri proses. Dengan adanya sistem kontrol otomatis ini akan memberikan kemudahan dalam mendapatkan preformansi dari sistem serta meningkatkan kualitas, meningkatkan laju produksi, mengurangi biaya produksi, dan memperkecil penggunaan manusia dalam pengontrolannya.

Istilah-Istilah Dalam Sistem Kontrol

1. Variabel

Variabel yang dikontrol : merupakan besaran atau keadaan yang dapat diukur ataupun dikontrol dalam suatu sistem.

Variabel yang dimanipulasi : merupakan besaran atau keadaan yang nilanya diubah oleh suatu kontroler sehingga dapat mempengaruhi nilai variabel yang dikontrol dalam suatu sistem.

Pada kondisi normal, sesuatu yang dikatakan variabel adalah merupakan suatu keluaran/output dari sistem. Pengontrolan variabel disini berfungsi untuk mengukur nilai variabel lalu kemudian menerapkan nilai variabel tersebut dan dimanipulasi ke sistem untuk mendapatkan nilai variabel yang diinginkan.

2. Plant

Plant adalah suatu istilah dalam dunia industri yang menunjuk kepada seperangkat peralatan yang terdiri dari mesin-mesin yang dapat bekerja secara bersama-sama dan dapat digunakan untuk melakukan suatu operasi tertentu.

Contoh plant dalam dunia industri seperti tungku pemanas, reaktor kimia, mesin pres, dll.

3. Proses

Proses merupakan operasi atau perkembangan secara alami yang berlangsung secara kontinyu yang memiliki suatu perubahan secara relatif dan menuju ke suatu hasil akhir tertentu. Dalam sistem kontrol ada suatu operasi yang sengaja dibuat secara kontinyu yang terdiri dari beberapa perubahan aksi dan diarahkan secara sistematis menuju keadaan akhir tertentu.

4. Sistem

Sistem pada dunia industri mengacu pada kombinasi dari beberapan komponen/mesin yang dapat bekerja bersama-sama dan melakkukan operasi untuk mencapai target tertentu.

5. Gangguan

Gangguan dipengaruhi oleh suatu sinyal yang memiliki sifat merugikan pada nilai keluaran suatu sistem. Gangguan ada 2 macam gangguan internal dan eksternal. Gangguan internal merupakan gangguan yang dibangkitkan dalam sistem sedangkan gangguan eksternal merupakan gangguan yang dibangkitkan di luar sistem dan merupakan input dari sistem tersebut.

6. Kontrol Feedback (Umpan Balik)

Kontrol umpan balik mengacu pada suatu operasi yang dimana pada saat gangguan terjadi maka kontroler akan mengurangi perbedaan antara output sistem dan input sistem. Pada kondisi ini hanya gangguan yang tidak diperkirakan saja yang ditentukan demikian. Karena gangguan yang bisa diperkirakan dapat di tangani oleh sistem tersebut.

7. Sistem Kontrol Feedback (Umpan Balik)

Sistem kontrol umpan balik merupakan sistem yang akan mempertahankan hubungan yang telah ditentukan sebelumnya antara output dan input dengan membandingkan dan menggunakan perbedaan sebagai pengontrolnya.

8. Sistem Servo

Disebut juga servomekanisme, yang merupakan sistem kontrol berumpan balik dengan output berupa posisi, kecepatan, atau percepatan mekanik. Sistem servo ini merupakan salah satu sistem yang banyak digunakan dalam dunia industri modern. Sistem servo juga sering disebut dengan sinonim.

9. Sistem Pengaturan Otomatis

Merupakan sistem kontrol umpan balik dengan acuan antara input dan outputnya bernilai konstan/berubah perhalan terhadap waktu dan memiliki kewajiban dalam menjaga output agar tetap berada dalam nilai yang dikehendaki.

10. Sistem Pengontrolan Proses

Merupakan sistem kontrol otomatis dengan output bisa berupa temperatur, tekanan, aliran, pH cairan. Sistem pengontrolan proses telah luas penggunaannya di berbagai industri contohnya seperti pengontrolan tungku pemanas dengan temperatur yang telah ditentukan sebelumnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *