Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Mengenal Arduino

Pengertian Arduino

Arduino adalah suatu minimum sistem yang menggunakan IC dari keluarga AVR dan bersifat open sourceĀ dengan nama produk Arduino. Arduino menggunakan bahasa pemrograman sendiri yang menyerupai bahasa C. Nama jenis pemrogramannya yaitu bootloader yang telah di tanam di IC mikronya sebelum di jual ke pasaran. Bootlader ini yang berfungsi untuk penengah antara compiler Arduino dengan mikrokontroler. Untuk melakukan pemrograman menggunakan software Arduino IDE. Arduino IDE dibuat dari bahasa pemrograman JAVA. Arduino IDE juga dilengkapi dengan library C/C++ yang biasa disebut Wiring yang membuat operasi input dan outputnya menjadi lebih mudah. Paket Arduino biasanya telah mencakup USB downloader sehingga untuk flash program ke mikrokontroller tinggal langsung menghubungkannya dengan USB komputer/laptop.

Keuntungan Menggunakan Arduino

  • Tidak memerlukan komunikasi melalui RS 323/DB 9, hanya menggunakan komunikasi USB saja yang telah ada di PC/laptop.
  • Bahasa pemrograman pada Arduino relatif lebih mudah karena modul pemrograman Arduino dilengkapi dengan banyak library yang lengkap.
  • Tidak memerlukan downloader yang terpisah karena di dalam Arduino telah tersedia bootloader yang akan menangani flash program dari komputer.
  • Arduino memiliki modul yang siap pakai yang dapat di pasang pada board contohnya SD Card, Ethernet, GPS, dll.

Contoh Program Arduino

#define LED_PIN 13

void setup () {
     pinMode (LED_PIN, OUTPUT);        // enable pin 13 for digital output
}

void loop () {
     digitalWrite (LED_PIN, HIGH);     // turn on the LED
     delay (1000);                     // wait one second (1000 milliseconds)
     digitalWrite (LED_PIN, LOW);      // turn off the LED
     delay (1000);                     // wait one second
}

Sejarah Arduino

Proyek Arduino berasal dari Ivrea, Italia pada tahun 2005. Saat ini produk Arduino telah terjual lebih dari 120.000 unit. Pendiri dari proyek Arduino ini yaitu Missimo Banzi dan David Cuartielles. Karena Arduino bersifat open source saat ini telah banyak produk yang telah menirunya seperti Freeduino, Cosmo Black Star, Freeduino MaxSerial dan Zigduino. Banzi dan Cuartielles masih menggembangkan Arduino hingga saat ini dengan dibantu oleh Tom Igoe, Gianluca Martino, David Mellis dan Nicholas Zambetti. Selain itu Arduino juga dikembangkan oleh banyak komunitas di dunia karena bersifat open source sehingga menjadikan pengembangan Arduino begitu pesat.

Sumber : arduino.cc ; en.wikipedia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *